25 Tahun Sir Alex Ferguson !




Pada 6 November 1986, Alexander Chapman Ferguson yang dikenal dengan nama Alex Ferguson atau yang sering dipanggil Fergie ini didaulat menjadi manajer Manchester United menggantikan Ron Atkinson. Di musim pertamanya, Pria kelahiran Skotlandia 31 Desember 1941 itu mampu mengangkat United ke peringkat 11 liga setelah musim sebelumnya finish di peringkat 21.





Tahun 1989, Fergie nyaris saja didepak dari kursi kepelatihan United karena performa yang menurun setelah kekalahan memalukan dari Manchester City 1-5 bahkan United menjadi salah satu calon klub yang bakal terdegradasi. Tetapi kemenangan 1-0 atas Crystal Palce di Final Replay FA Cup tahun itu membuat Fergie selamat dari pemecatan.







Masa keemasan Fergie di United adalah pada musim 1998/1999 dimana skuad United diisi pemain mumpuni seperti Dwight Yorke, Jaap Stam, Ole Gunnar Solskjaer,Teddy Sheringham,Ryan Giggs,Peter Schmeichel dan Paul Scholes yang membuat United sukses menyabet tiga gelar sekaligus atau biasa disebut dengan Treble Winners. Gelar yang diraih saat itu adalah Liga Inggris,FA Cup, dan Liga Champion. Strategi Fergie dianggap sukses ketika memasukan Teddy Sheringham dan Solskjaer di final Liga Champion pada babak kedua. Kedua pemain itu menciptakan 2 gol kemenangan United ke gawang Bayern Munich pada injury time 3 menit. 






"I can't believe it. I can't believe it. Football. Bloody hell." inilah kata kata yang dikeluarkan fergie setelah pertandingan itu.


Pada akhir musim 2001/2002 Fergie nyaris saja meninggalkan United ketika United mengalami penurunan prestasi setelah hengkangnya Jaap Stam ke Lazio tetapi niat pensiun itu pun dibatalkan oleh Fergie. Fergie tak lepas dari sebuah kejutan maupun kontroversi dalam urusan transfer pemain pada masa transisi musim 2001/2002 - 2005/2006, contohnya:


1. Membeli Rio Ferdinand seharga £30 juta dari Leeds United
2. Menjual David Beckham ke Real Madrid
3. Merekrut pemain muda berbakat asal Portugal Cristiano Ronaldo dari Sporting Lisbon
4. Merekrut pemain berbakat Inggris Wayne Rooney dari Everton
5. Mendatangkan pemain asal Korsel Park Jisung dari PSV
6. Menjual Roy Keane ke Glascow Celtics


Pada 2007/2008 Fergie mendatangkan Owen Hargreaves,Nani,Anderson, dan Carlos tevez untuk memperkuat skuad. Akhirnya pada musim itu United sukses meraih Double winners setelah menjuarai Liga Inggris dan ajang bergengsi eropa yaitu Liga Champion. United mampu mengalahkan Chelsea di final Liga Champion melalui adu penalti. Ini menjadi gelar Liga Champion kedua fergie untuk United. 






Tahun 2011 ini Fergie genap 25 tahun menukangi Manchester United. Suatu hal yang mustahil untuk dilakukan di zaman sepakbola modern. Inilah kata-kata fergie menjelang 25 tahun karirnya bersama United 


"You never think it will happen. It's been like farytale.


Dedikasi diberikan pihak Manchester United di pertandingan vs Sunderland 5 November lalu dengan mengganti nama North Tribune di Old Trafford sebagai "SIR ALEX FERGUSON STAND" dan musim depan patung Fergie akan dipajang dipelataran Old Trafford. Patung Fergie akan diletakkan berdampingan dnegan patung Sir Matt Busby dan Sir Bobby Charlton


Sir Alex Ferguson Stand di Old Trafford




Dengan 12 Juara liga, 3 gelar eropa,5 FA Cup, dan 4 Piala Liga membuat perjalanan karir seorang Alex ferguson sebagai sebuah 'dongeng' seperempat abad sang legenda.


Never look back, still hungry to get another and more trophies with Manchester United Fergie !





Komentar