Trip to Banyuwangi - Finally Nulis Lagi!

Di tengah cuaca dingin yang jarang gue temuin di Surabaya, mendadak gue inget gue pernah punya blog ini. Ya, bisa diliat blog ini seakan gapernah keurus oleh gue. Post terakhir adalah Juni 2015 dimana saat itu gue lagi stress-stress nya mikirin masuk kuliah and now, i'm on my second semester in Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. I will tell you about that story later.

Sebenernya tujuan gue untuk nulis di blog ini lagi adalah gue pengen share tentang trip gue 25-29 Januari kemaren sama temen-temen SMA gue dan lu tau kemana? yes! it's Banyuwangi. Mungkin beberapa orang masih bertanya-tanya, "apasih yang diliat dari Banyuwangi?" yeah Banyuwangi it's not popular as Bali, Lombok etc but after i post this, you will think twice to not put Banyuwangi on your travel-list.

So, here we go!

#1stDay
Gue jalan dari Jakarta dengan kereta ekonomi Kertajaya via Pasar Pesen dan turun di Stasiun Pasar Turi Surabaya. 12 jam perjalanan gue abisin dengan teman-temen gue di kereta dengan tidur, bercanda dan minta orang buat tukeran kursi karena Fahmi dan Anisa salah pesen kursi kereta. Di kereta kami ketemu sama anak-anak FIB UI yang kebetulan mau jalan-jalan ke Malang. After we arrived in Pasar Turi we continue our way to Banyuwangi by Elf (Supirnya namanya Pak Slamet, ohya kita pake travel amazing banyuwangi namanya).

#2ndDay
Kita disambut di Banyuwangi sama Pak Budi orang travel nya, trus makan siang di tempat yang lumayan gajelas. Trus langsung dibawa ke Teluk Hijau, buat menuju kesana jalannya lumayan rusak. Nah sampai di tempat yang sebrangnya teluk hijau (maaf lupa namanya) Buat ke Teluk Hijaunya sendiri ada dua cara yaitu bisa tracking yang ngabisin waktu kurang lebih 30-45 menit kata bapaknya atau naik kapal warga dengan biaya 30ribu satu orang (entah ini sepertinya kemahalan). So seperti inilah penampakannya




bakal kangen mereka semua :")



nah abis itu  kita lanjut ke Pulau Merah yang letaknya ga begitu jauh dari situ. Tapi sayangnya Banyuwangi lagi mendung pas itu dan kita gabisa liat kemerahan Pulau Merah yang katanya bakal merah pas kena matahari. Jadilah kita bermain-main saja disitu.

nunggu sunset gagal karena mendung

mencoba lari dari kenyataan
credit photo: dimas irham


Abis dari Pulau Merah kita trus dianter ke tempat nginep kita di Rumah Mbak Las yaitu sodaranya Fahmi karena kita harus prepare karena malemnya kita harus tracking ke Kawah Ijen!

#3rdDay
Sekitar jam 12 kami dijemput sama travel buat tracking ke Kawah Ijen, kawah sendirian. (ijen means sendiri in Javanese hehe). Sampai disana kita ditemenin sama Pak Anto yang gantiin Pak Budi jadi travel guide. Buat gue yg gaada pengalaman naik gunung sama sekali, tracking Kawah Ijen rada lumayan karena medannya nanjak semua. Apalagi gue kesana juga sama perempuan-perempuan yang kadang perlu banyak istirahat. Sekitar 2 jam tracking kami sampai di puncaknya ijen (belum kawahnya). Kita mesti sewa masker 25ribu biar kita ga ngirup banyak sulfur pas di kawah nanti. Ohya kawahnya di bawah guys, jadi tadi kami udah susah-susah naik ternyata harus turun lagi dengan  track yang isinya batu dan lumayan licin. But hard work paid off guys, for the first time i saw BLUE FIRE yes BLUE FIRE. It's only two in this world, in Iceland and Indonesia. dan pas matahari mulai tampak, kawah nya si ijen itu mulai keliatan. Pastiin kalau lu bukan bule yang biasa ama dingin, pake jaket yang tabel kalau perlu di dobel + sarung tangan ama kupluk. Karena di kawahnya itu dingin banget guys, asli. Coba pergi ama pacar dinginnya mungkin ngurang. Akhirnya setelah menikmati indahnya karunia tuhan, kita tracking balik ke tempat awal. Ohya pastiin juga sebelum tracking kalian ga makan pedes, minum susu, atau makan makanan ber serat atau kalian bakal kebelet BAB di atas pas tracking. Sekian.





tempat blue fire pas udah gaada blue fire

nah ini dia si blue fire itu


#3rdDayAfterIjen
Bisa dibilang setelah lelah di Ijen gue ama temen-temen cukup tepar dan langsung tidur pas sampai di Rumah Mbak Las. Alhasil, kami gagal ke Taman Nasional Baluran karena udah kesorean. Jadinya kami cuma nyari oleh-oleh khas Banyuwangi dan jalan-jalan ke Taman Sri Tanjung. Nah uniknya di sebrang Taman Sri Tanjung ini, ada kompleks pendopo Bupati Banyuwangi yang ternyata bisa dikunjungi oleh masyarakat umum. Gratis. Cuma tinggalin KTP di pos. Dianterin keliling sama satpol pp yang jaga pula. Uenak.
ada lampu-lampu lucunya gais pas malem keren

salah satu sudut di kompleks pendopo

#4rdDay
Akhirnya kami mutusin buat nyoba ke Baluran lagi hari ini. Tapi sebelum kesana, kami mampir dulu nyobain snorkeling di Rumah Apung Bangsring. Kami salah masuk pantai pas kesini karena sebetulnya Rumah Apung Bangsringnya bukan di Pantai Bangsring. jadilah kita harus nyewa kapal 20ribu buat kesananya. Tapi sepertinya alam sedang tidak berpihak pada kami. Tiba-tiba arus laut disana tiba tiba deras. Padahal menurut mas nya biasanya tidak ada arus malahan kayak kolam, tenang. Jadinya pas snorkeling kami sempet kebawa arus hingga ke tengah hingga disamperin petugasnya pakai kapal buat dibawa balik ke Rumah Apungnya. Ohya buat yang jarang nyemplung laut, gausah takut-takut trus malah pegangan kapalnya ya, karena pinggiran kapalnya tajem dan bisa bikin luka.

Trus kami akhirnya ke Taman Nasional Baluran! Buat ke Savana nya ternyata jauh juga. Gue lupa berapa tiket masuknya, tapi kalau gasalah 15ribu. Jadi di Baluran ini ada padang savana gitu kaya di afrika, untungnya Banyuwangi udah ujan dari kemaren-kemaren jadi udah hijau lagi (pas kemarau gersang abis). Kita bisa liat satwa seperti kera, merak, rusa, kerbau jawa (temen gue bilangnya banteng) dan katanya sih disini ada macan tutul yang katanya udah punah tapi udah ditemuin lagi. ohya di Taman Nasional Baluran juga ada pantainya namanya Pantai Bama. Sayangnya kita sampe sana udah mau maghrib jadi gabisa berenang-berenang lucu lagi. Di sekitar pantai nya juga ada hutan mangrove yang ternyata pas udah mau maghrib lumayan creepy.


thanks to whoever took this

rara typical style

sunset brur


pantai bama

foto di mangrove sudut pertama

foto mangrove sudut kedua

nah yg itu katanya pohon hits baluran


#5thday
This is the end of our trip, we should go back to Jakarta. Sedih buat ninggalin Banyuwangi. Lebih tepatnya, sedih pisah ama temen-temen gue yang satu ini karena ya kuliahnya beda-beda. Gue di Surabaya, Dwira di Solo, Rara, Safina di Jatinangor, Fahmi di Bogor, Dimas di Jogja, dan sisanya Anisa, Zahra, Koko, Rizki di Jakarta. Entah ini terakhir kali kita bisa bareng-bareng apa engga. karena gue orangnya gapernah mau bullshit punya janji tetep bareng blabla whatever. Ya karena kuliah itu pasti punya kesibukan masing-masing. Tapi yang namanya temen, mau sesibuk apapun dia, pasti selalu nyisihin waktu at least pas liburan buat kumpul-kumpul lagi. I will miss you guys, a lot. Banyuwangi, isun demen nang riko!

Komentar

Posting Komentar